Psikologi 11 Jan 2020

Kerjasama Internasional Dengan International Islamic University Malaysia (IIUM)

Pada tanggal 9 -10 Januari 2020 Dekan Fakultas Psikologi UIR melakukan kunjungan akademik ke Universitas Internasional Islam Malaysia. Pada kunjungan tersebut dekan disambut oleh Dekan dan wakil dekan Fakuktas Islam Revealed an Human Sciences yaitu Dr. Shukron, Dr. Aini, dan Dr. M. Noh.

Pada pertemuan tersebut disepakati beberapa point yaitu petama,  kolaborasi riset yang melibatkan seluruh dosen psikologi UIR dengan IIUM. Kedua, Pengabdian bersama, bentuk pengabdian yang akan dibuat adalah dengan memberikan penyuluhan dan konseling untuk calon pengantin. Ketiga, publikasi. Hasil penilitian dosen-dosen UIR akan diterbitkan pada jurnal-jurnal yang ada di UAI. Insya allah diterbitkan bulan maret. Ketiga, Konfrensi bersama.

Konfrensi bersama ini sudah diadakan tahun sebelumnya di fakultas Psikologi UIR dengan nama ISRUPIC (International Seminar on the Roles of University in Responding to Psychosocial Issues in the Community). Untuk tahun 2020 direncanakan akan diadakan di Brunai. Keempat pengiriman mahasiswa praktek kerja di IIUM. Tahun 2019 UIR mengirim 2 mahasiswa ke IIUM, untuk tahun ini 2020, akan mengirim 6 mahasiswa.

Kelima, short course. Short course atau kuliah singkat selama 1 bulan akan direncanakan pada bulan juli-agustus 2020 di fakultas psikologi UIR. Short Course dibuat untuk pembentukan karakter dan pemahan yang utuh tentang Islam dan budaya melayu. Short Course diadakan dengan mendatangkan staf pengajar dari IIUM dan diikuti oleh mahasiswa, dosen serta masyarakat umum. 

Materi yang akan diajarkan pada short course adalah islamisasi ilmu, perbandingan psikologi barat dan islam, budaya melayu, serta intervensi islami. Berharap kesepakatan ini akan berjalan lancer dan sukses dunia dan akhirat.

 

[ IT PSIKOLOGI ]