Psikologi 03 Nov 2017

The Power Of Yourself ‘ dengan pemateri T. Nila Fadhlia, M.Psi., Psi

Menyambut momen ujian tengah semester (ganjil) yang akan dimulai hari senin mendatang, BEM Psikologi UIR, mengadakan seminar yang bertemakan  ‘The Power Of Yourself ‘ dengan pemateri T. Nila Fadhlia, M.Psi., Psi. Seminar ini mayoritas dihadiri oleh mahasiswa semester I. seminar ini diadakan tanggal 21 oktober 2017 di Aula fakultas Psikologi UIR.

Seminar The Power Of Yourself membahas tentang bagaimana kita dapat membangun kepercayaan diri  untuk menghadapi setiap tantangan. Pada dasarnya setiap individu memiliki kekuatan super yang terdapat didalam diri sendiri, hanya saja seringkali kekuatan yang terdapat didalam kiri sendiri tidak dapat terlihat karena kebanyakan dari kita selalu berfokus terhadap kekurangan yang ada didalam diri kita, dan mengesampingkan kelebihan yang ada didalam diri kita.

Kekuatan dari dalam diri sendiri akan muncul ketika kita mampu menyadari dan mengenal potensi-potensi yang kita miliki. Ketika kita sudah mengenal apa potensi yang terdapat didalam diri, maka langkah selanjutnya adalah fokus untuk mengembangkan potensi tersebut. Seseorang yang sadar akan potensi yang dimilikinya akan menjadi lebih percaya diri dalam menjalani setiap tantangan kehidupan. Sebaliknya seseorang yang tidak mengetahui potemsi yang terdapat didalam dirinya akan cenderung kebingungan menentukan arah untuk mengembangkan dirinya, sehingga seringkali seseorang merasa iri atau minder terhadap kemampuan yang dimiliki oleh orang lain.

Tantangan yang akan dihadapi oleh mahasiswa adalah ujian tengah semester. Seringkali mahasiswa mencontek teman disebelahnya untuk mengisi lembar jawaban, dan tampak kemudian gelisah. Hal itu terjadi karena mahasiswa tersebut tidak mempersiapkan diri dengan baik, sehingga menjadi tidak percaya akan kemampuan diri sendiri.

Padahal, jika kita mempersiapkan diri dengan baik maka ujian bukanlah menjadi beban yang berat. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengubah mindset negatif tentang ujian adalah beban menjadi mindset positif bahwa ujian adalah untuk mengukur kemampuan yang terdapat didalam diri kita, tidak belajar dengan sistem kebut semalam. Ketika kita sudah mempersiapkan diri dengan baik maka kepercayan diri akan tumbuh dengan sendirinya, sehingga tidak hanya ujian tengah semester saja yang dapat ditaklukkan, tetapi juga ujian-ujian selanjutnya. 

[ Adm Psikologi ]