Psikologi 14 Nov 2015

Rektor UIR Buka Pelatihan Menjadi Saksi Ahli di Psikologi

Perkembangan ilmu Psikologi saat ini telah menyentuh hampir setiap sisi kehidupan manusia, termasuk dalam bidang hukum. Pengadilan sering kali meminta saksi ahli dari profesional psikologi. Hal ini menuntut para ilmuan psikologi menjadi saksi ahli dalam peradilan perdata maupun pidana.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau mengadakan “Pelatihan Menjadi Saksi Ahli” bagi Sarjana Psikologi, Mahasiswa Magister Psikologi, Profesi dan Psikolog. Pelatihan dibimbing langsung oleh ketua APSIFOR (Asosiasi Psokologi Forensik), yaitu Dra. Reni Kusumowardhani, M. Psi.
“Seorang Psikologi hendaknya mampu menjawab tuntutan sebagai seorang saksi ahli. Karena mereka dibutuhkan untuk membantu mengungkap kebenaran dan keadilan,” ujar Dra. Reni Kusumowardhani, M. Psi sebagai pemateri.
Materi yang akan diulas di pelatihan ini adalah pengenalan psikologi forensik, etika menjadi saksi ahli, saksi ahli psikologi berbagai kasus, tahap-tahap menjadi saksi ahli, keterampilan menjadi saksi ahli, dan peserta nantinya akan berlatih langsung ditempat.
“Pelatihan ini juga memperkenalkan Fakultas Psikologi UIR dan eksistensinya terhadap masalah-masalah di lingkup psikologi, terutama pada bidang hukum, yakni saksi ahli,” ujar Yulia Erawati, S.Psi., MA selaku ketua pelaksana kegiatan. “Peserta nantinya akan berlatih langsung bagaimana menjadi seorang saksi ahli,” tambahnya.
Pelatihan yang dicanangkan selama dua hari ini, bertempat di Aula Fakultas Psikologi UIR. Pelatihan disambut positif oleh peserta. Materi yang dipaparkan sangat menarik dan begitu mendalam, karena pemateri memaparkan langsung contoh kasus yang membutuhkan saksi ahli.
“Pelatihan yang diberikan sangat bagus, dan saya berharap pelatihan ini kedepannya terus ada. Karena ini pertama kalinya di Sumatra,” terang Yanwar Arif, M.Psi., sebagai peserta.
Rektor Universitas Islam Riau, Prof. Dr. Detri Karya, SE., M.A yang membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada Fakultas Psikologi yang telah menyelanggarakan kegiatan tersebut. Menurutnya pelatihan seperti ini akan sangat berguna bagi masyarakat.
Ia juga berharap peserta pelatiihan dapat mengikuti pelatihan dengan baik. “Saya berharap peserta mendapatkan ilmu dari pelatihan ini sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat,”katanya. (Ardian Pratama)

[ Adm-UIR ]